Sudah menjadi rahasia umum jika mencuci karpet sendiri adalah pekerjaan yang sulit. Tidak jarang, proses mencuci salah hingga menimbulkan bau apek karena karpet tidak kering dengan sempurna. Lalu, apakah ada cara untuk menghilangkan bau karpet yang tidak kering?

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau apek pada karpet yang masih basah dan belum kering sempurna. Berikut adalah bagaimana cara membersihkan karpet dan menghilangkan bau apek membandel pada karpet Anda!

Tutorial Menghilangkan Bau Apek di Karpet

Pada dasarnya, karpet yang bau apek akibat tidak kering sempurna memang menyebalkan. Terlebih, karena effort yang sudah Anda keluarkan untuk mencuci dan mengeringkan karpet tersebut yang seakan sia-sia karena hasil pencucian yang tidak maksimal. 

Jika kasusnya seperti ini, mau tidak mau Anda harus bekerja dua kali karena perlu menghilangkan bau apek di atas karpet. 

Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara menghilangkan bau pada karpet, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti dengan mudah!

1. Cuci Ulang dengan Baking Soda

Bagi Anda yang ingin tahu bahan apa yang berfungsi untuk menghilangkan bau pada karpet, maka jawabannya adalah baking soda atau soda kue. Terlebih jika bau tersebut muncul karena karpet basah dan belum kering sepenuhnya pada saat Anda menjemurnya.

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau apek pun cukup mudah, Anda cukup menaburkannya di atas karpet Anda. Setelah itu, Anda bisa mendiamkan semalaman hingga partikel pada karpet yang menyebab bau terserap dengan sempurna.

Besoknya, Anda bisa membersihkan sisa partikel baking soda di atas karpet dengan menggunakan vacuum cleaner hingga benar-benar bersih. Jika bau apek tersebut masih ada, Anda bisa kembali membawa karpet itu ke tempat cuci atau mencucinya sendiri.

Anda bisa kembali mencuci karpet tersebut dengan proses yang lebih benar. Pertama-tama, pastikan jika Anda mencucinya dengan sabun khusus untuk karpet. Kemudian, pastikan juga Anda menjemurnya di bawah sinar matahari hingga kering. 

2. Hilangkan Bau dengan Menyemprotkan Cuka

Namun, bagi Anda yang tidak ingin mencuci karpet dua kali, Anda bisa memakai cara menghilangkan bau karpet tanpa dicuci. Cara tersebut adalah dengan menyemprotkan larutan campuran cuka dengan baking soda ke atas karpet di rumah Anda.

Anda bisa memasukkan dua cangkir air hangat ke dalam semprotan, lalu masukan satu sendok cuka dan satu sendok baking soda. Setelahnya, kocok cairan tersebut hingga tercampur sempurna, sebelum Anda menyemprotkannya ke atas karpet yang bau apek.

Sebagai catatan, Anda perlu, Anda perlu melakukan penyemprotan tersebut di luar ruangan agar bau cuka tidak menyebar di dalam rumah. Kemudian, jangan lupa untuk menjauhkan anak-anak dan hewan peliharaan Anda saat Anda membersihkan karpet

Jika semua bagian karpet sudah Anda semprot dengan cairan tersebut, Anda bisa langsung mendiamkannya semalaman agar partikel penyebab bau hilang. Besoknya, jika belum kering, Anda bisa kembali menjemur karpet tersebut di bawah sinar matahari hingga kering sempurna dan tidak bau lagi.

3. Hilangkan Bau dengan Campuran Amonia dan Baking Soda

Terakhir, menghilangkan bau karpet yang tidak kering pun bisa Anda lakukan dengan cara membuat campuran amonia dan baking soda. Caranya pun cukup mudah, karena Anda tidak harus membersihkan karpet bau apek tersebut untuk yang kedua kalinya. 

Cara menghilangkan bau karpet yang tidak kering bisa Anda lakukan dengan cara menuangkan air hangat ke dalam baskom berukuran sedang. Kemudian, masukkan amonia dan baking soda secukupnya ke dalam baskom, dan aduk hingga campuran tersebut merata.

Itu adalah cairan penghilang bau karpet yang bisa Anda coba buat. Kemudian, simpan baskom tersebut di dekat karpet semalaman untuk menghilangkan bau apek yang berasal dari pengeringan yang tidak sempurna. 

Alternatif Lain untuk Menghilangkan Bau Apek pada Karpet

Hanya saja, bila Anda tidak ingin bekerja dua kali, Anda bisa menggunakan alternatif lain untuk menghilangkan bau karpet yang tidak kering. Caranya adalah dengan meminta bantuan dari tukang cuci karpet profesional agar karpet lebih bersih dan wangi.

Misalnya dengan menghubungi tim Jogja Clean, yang merupakan penyedia jasa cuci karpet profesional yang terpercaya dan berpengalaman. Anda bisa langsung menghubungi tim Jogja Clean melalui WhatsApp untuk mendapatkan penawaran terbaik. 

Anda hanya perlu memberi tahu jika Anda ingin mencuci karpet rumah dan membayar DP 20%. Setelah itu, tim Jogja Clean akan segera datang ke alamat Anda untuk mencuci karpet tersebut. Pastinya, hasil cucian karpet dari Jogja Clean akan bersih dan wangi. Jadi, Anda tidak perlu repot menghilangkan bau karpet yang tidak kering, karena ada tim Jogja Clean yang akan melakukannya untuk Anda.

Admin JogjaClean