Sebelum Cuci Sofa, Kenali Dahulu 5 Jenis Sofa dan Fungsinya

Menggunakan jasa cuci sofa Bantul membantu tak hanya memudahkan pekerjaan, tetapi menjaga usia furnitur agar tahan lama. Sofa, seperti yang Anda ketahui, merupakan salah satu perabot rumah tangga yang berfungsi sebagai tempat duduk sekaligus penghias interior rumah. Sayangnya, ukuran dan bobot sofa yang cukup besar nan berat membuat proses pencucian kerap merepotkan pemiliknya.

cuci sofa bantul

Memberikan tugas ini kepada penyedia jasa cuci sofa jelas akan meringankan beban, terutama kalau Anda kurang mengenal metode pencucian sesuai tipe sofa. Setidaknya ada 5 jenis sofa yang sering kali dipilih konsumen, antara lain:

Sofa ruang tamu

Mengikuti namanya, jenis sofa ini dirancang untuk ditempatkan di ruang tamu. Berbeda dari sofa yang ditaruh di ruang tengah atau ruang keluarga, sofa ruang tamu mempunyai ukuran relatif kecil, mengikuti lahan tempat yang ditujukan yang memang tak terlalu besar. Hal tersebut membuat proses pencuciannya lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan jenis perabot lain. Kendati demikian, Anda tetap harus rajin merawatnya, apalagi di ruang tamu Anda menjamu tamu-tamu yang tak jarang menilai kebersihan rumah dari ruangan tersebut.

Sofa minimalis

Sekilas, tipe sofa yang satu ini menyerupai sofa ruang tamu. Sofa-sofa minimalis pada umumnya punya desain simpel seperti garis lurus dengan warna-warna netral. Pola-pola yang tidak terlalu rumit ini akan memberikan kesan luas pada ruangan sempit dan menenangkan pandangan Anda. Di sisi lain, sofa minimalis kurang tepat ditempatkan pada rumah mewah, karena akan mengurangi kesan elegan dan berkelas. Sementara untuk membersihkannya, sofa minimalis tidak membutuhkan treatment spesial mengingat desainnya yang simpel.

Recliner sofa

Dalam tahap cuci sofa Bantul, recliner sofa termasuk furnitur yang memerlukan perawatan khusus. Mengapa? Pasalnya, tipe sofa ini terbuat dari kulit yang disediakan untuk ruangan-ruangan mewah nan penuh gaya. Belum lagi ketinggian sandaran dan kakinya yang harus diatur sedemikian rupa supaya Anda nyaman selama menempatinya. Dengan desain dan bahan berkelas, wajar saja bila recliner sofa dibanderol dengan harga mahal. Ongkos perawatan yang harus Anda keluarkan juga tidak sedikit, sebab sofa berbahan kulit harus ditangani secara saksama agar tidak mudah rusak.

Sleeper sofa

Sleeper sofa dari segi fungsi memang tak jauh berbeda dari bed sofa. Bedanya hanya dari desain. Furnitur ini dirancang dengan menempatkan sofa sebagai bentuk utama, lalu dapat Anda ubah menjadi tempat tidur kecil saat dibentangkan. Sleeper sofa dapat digunakan siapa saja, tetapi paling sering dibeli orang-orang yang menempati apartemen atau kamar kontrakan yang kapasitas ruangannya terbatas. Karena sering ditempati, sleeper sofa cenderung cepat kotor, sehingga harus Anda bersihkan secara berkala agar bentuk maupun warnanya tidak berubah.

Sectional sofa

Terakhir, ada sectional sofa yang terbilang anyar di kelasnya. Sofa berbentuk L tersebut memadukan sofa biasa dengan loveseat yang akan membuat ruangan Anda semakin modern. Selain itu, sectional sofa seperti halnya sofa minimalis sangat bersahabat dengan ruangan-ruangan kecil. Beberapa produsen bahkan menempatkan rak untuk menyimpan peralatan tertentu di bagian bawah sofa. Variasi tersebut pastinya membuat Anda yang mendambakan furnitur minimalis semakin terbantu, karena tak harus membeli perabot tambahan.

Dengan mengenal 5 jenis sofa ini, Anda akan semakin dimudahkan untuk menemukan tempat cuci sofa Bantul dengan bujet dan tipe pencucian yang sesuai. Semoga dapat bermanfaat!

× Chat kami