Cara untuk menghilangkan noda darah pada kasur merupakan keterampilan yang harus diketahui oleh semua wanita. Pasalnya potensi risiko terjadinya hal ini berbanding lurus dengan periode menstruasi yang dialami wanita.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena pada saat itu sedang tidur pulas sehingga tidak sadar periode menstruasi mulai berlangsung. Atau pada saat tidur, darah menstruasi keluar dalam jumlah banyak sehingga tanpa sadar merembes ke Kasur.

Agar tak bingung saat menghadapi situasi tersebut, yuk simak tips dan cara menghilangkan noda darah pada kasur berikut ini.

Cara Membersihkan Noda Bekas Darah di Kasur

Berikut beberapa kiat untuk membersihkan bekas darah haid yang tertempel secara tak sengaja pada sprei atau Kasur.

1. Bersihkanlah Segera dengan Air Dingin

Menghilangkan noda darah di kasur sangat mudah jika dilakukan sesegera mungkin. Oleh karena itu pada saat mengetahuinya maka secepat mungkin bilaslah sprei yang terkena noda tersebut dengan air bersuhu biasa.

Langkah untuk melakukannya, lepas sprei dari kasur, kemudian bilas dengan air pada bagian yang terkena noda. Anda bisa melakukannya di wastafel atau kamar mandi namun ingat jangan gunakan air panas agar noda darah tak semakin kuat menempel.

2. Gunakan Larutan Sabun Cuci Piring

Cara menghilangkan noda darah di kasur juga bisa dengan menggunakan sabun pencuci piring. Langkahnya, ambil sprei yang terkena darah. Kemudian pada bagian yang bernoda silahkan oleskan larutan pencuci piring.

Setelah itu biarkan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit. Jika sudah segera gosok perlahan dengan sikat kain atau sikat gigi bekas dan bilas dengan air bersih.

3. Manfaatkan Larutan Garam

Cara hilangkan noda darah di kasur yang mudah adalah menggunakan larutan garam. Langkahnya, larutkan garam dengan air, kemudian tuang larutan garam pada sebuah kain bersih. Selanjutnya tekan kain tersebut pada bagian kasur yang terkena noda darah.

4. Gosoklah dengan Baking Soda

Menghilangkan noda darah pada kain atau kasur bisa sangat mudah Anda lakukan dengan menggunakan baking soda. Langkahnya, larutkan sedikit baking soda dengan air, kemudian tuang larutan tersebut pada bagian yang terkena noda darah.

Diamkan kurang lebih 30 menit, sebelum Anda gosok dengan lap kain yang bersih.

5. Bersihkan dengan Sampo

Menghilangkan noda di kasur juga bisa dengan memanfaatkan sampo. Langkahnya mudah sekali. Ambil sikat gigi bekas, tuang sampo di atasnya, kemudian gunakan untuk menggosok bagian kasur yang terkena noda. Ulangi hingga noda hilang, lalu bilas dengan air bersih.

6. Oleskan Larutan Pengempuk Daging

Cara menghilangkan noda darah pada pakaian berikutnya adalah menggunakan larutan pengempuk daging. Langkahnya, buat larutan pasta dari campuran satu sendok makan pengempuk daging dan dua sendok makan air, lalu aduk.

Setelah itu olesi bagian yang bernoda dengan larutan, biarkan satu jam dan bilas dengan air bersih.

7. Pakailah Sabun Batangan

Sabun batangan adalah salah satu bahan untuk menghilangkan noda darah pada kasur. Langkahnya juga mudah. Pertama basahi bagian bernoda dengan air biasa lantas gosok dengan sabun batangan. Ulangi hingga noda hilang lalu bersihkan dengan lap basah bersih.

8. Gunakan Campuran Garam dan Sabun Pencuci Piring

Garam yang dicampur dengan sabun cuci piring dapat menjadi alat untuk menghilangkan noda darah pada kasur. Langkahnya sederhana, yaitu larutkan sabun cuci piring dan garam dengan perbandingan 1:1.

Selanjutnya tuang larutan tersebut pada bagian kasur yang bernoda, diamkan hingga 30 menit. Setelah itu bersihkan menggunakan lap basah yang bersih. Jika noda masih tersisa, ulangi kembali hingga bersih.

Cara Menghilangkan Bekas Darah Haid Kering di Sprei

Bagaimana jika noda darah baru Anda ketahui pada saat darah telah mengering? Tenang, ada kok cara menghilangkan noda darah kering pada kasur yang praktis. Yaitu dengan menggunakan Hidrogen Peroksida dengan langkah-langkah berikut:

  1. Langkah awal, bersihkan noda darah kering menggunakan sikat gigi bekas yang bersih atau spons.
  2. Kemudian tuangkan larutan hidrogen peroksida hingga menutupi semua bagian kasur yang terkena noda darah. Larutan ini bermanfaat menghancurkan sel-sel darah yang ada pada kasur tanpa merusak permukaan kasur tersebut.
  3. Biarkan selama kurang lebih 30 menit.
  4. Langkah berikutnya, bersihkan bekas noda darah mengering tersebut dengan kain lap bersih yang sudah Anda basahi terlebih dahulu. Usap lap pada bagian yang bernoda. Jika masih terlihat sisa noda, ulangi langkah di atas hingga beberapa kali.
  5. Jika sudah lap permukaan kasur dan keringkan. Atau jika ada di permukaan sprei, pakaian atau kain silahkan mencuci dengan deterjen seperti biasanya.

Meski tak mudah, namun menghilangkan noda darah pada Kasur bukanlah hal yang tak mungkin. Namun jika kerepotan, Anda bisa memanfaatkan jasa layanan kebersihan dengan klik link jogjaclean.com.

Demikianlah informasi mengenai cara dan langkah menghilangkan noda darah pada kasur atau ragam permukaan kain versi JogjaClean, selamat mencoba!

Admin JogjaClean