Sofa beludru memiliki banyak peminat di tanah air. Tampilannya yang elegan dan bulunya yang halus menjadi alasan utama sofa ini banyak dibeli. Namun, perawatan sofa ini tidak sembarangan sehingga perlu memperhatikan cara mencuci sofa bahan beludru yang baik.

Membersihkan sofa jenis ini tidak terlalu sulit sehingga Anda bisa melakukannya sendiri. Selain itu, bahan beludru relatif awet dan tidak mudah rusak sehingga banyak orang ingin membelinya guna mengisi kekosongan ruang tamu.

Cara Mencuci Sofa Bahan Beludru Paling Mudah

Cara membersihkan sofa bahan beludru tentu berbeda dengan cara membersihkan sofa kulit. Anda pun perlu memahaminya dengan baik agar tidak salah dalam memperlakukannya. Berikut beberapa cara mencuci sofa bahan beludru  yang bisa dilakukan.

1.  Gunakan Sampo dan Sikat Khusus

Sampo tidak hanya digunakan untuk membersihkan rambut saja, sofa beludru pun membutuhkan sampo guna membersihkan kotoran yang ada di dalamnya. Tak perlu khawatir mencari sampo tersebut karena sekarang sudah tersedia secara luas di toko online.

Sebagai pelengkap, Anda harus membeli sikat yang berbulu halus untuk bisa mempraktekan cara mencuci sofa bahan beludru. Siapkan pula botol yang akan digunakan untuk menampung sampo yang sudah dicampurkan dengan air hangat.

Cara membersihkan kain beludru sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyemprotkan cairan sampo yang ada di botol pada permukaan sofa. Kemudian sikat dengan satu arah secara keseluruhan. Lakukan pola tersebut secara teratur.

Menyikat sofa beludru tersebut harus secara hati-hati agar bulunya tidak mudah rontok. Apabila sudah selesai, silahkan bilas dengan menggnakan semprotan alkohol. Langkah terakhir yaitu dengan mengeringkan sofa di bawah sinar matahari yang teduh.

2. Alat Penyedot Debu

Alat penyedot debu sangat berguna untuk membersihkan sofa dengan bahan beludru. Selain itu, cara membersihkan sofa bahan suede pun bisa dilakukan dengan alat penyedot debu ini sehingga sangat praktis sekali.

Pekerjaan membersihkan sofa pun menjadi semakin ringan dengan adanya alat penyedot debu. Selain itu, hasil akhirnya pun sangat memuaskan karena semua kotoran dapat terangkat. Cara membersihkan sofa kain kotor menggunakan alat ini pun sering dipilih banyak orang.

Cara yang dilakukan untuk membersihkan sofa dengan alat ini pun tidak sulit, berikut caranya:

  • Mulanya, Anda harus menghidupkan alat penyedot debu terlebih dahulu
  • Kemudian, arahkan ujungnya pada permukaan sofa beludru
  • Sedotlah debu dan kotoran yang ada pada sofa tersebut secara merata ke semua permukaan
  • Jika sudah, pakai ujungnya yang berbentuk kecil untuk menjangkau bagian pojok yang sulit dibersihkan
  • Pembersihan pun selesai, silahkan matikan kembali alat penyedot debu
  • Buanglah kotoran yang ada dalam bak pembuangan

3. Larutan Cuka

Apabila terdapat noda yang menghitam, Anda dapat mencuci sofa ini dengan disertai larutan cuka. Kandungan yang ada dalam cuka mampu melunturkan noda sehingga cocok digunakan sebagai cara membersihkan sofa yang menghitam.

Nantinya cuka tersebut perlu dicampurkan dengan air destilasi agar hasilnya lebih maksimal. Perbandingannya pun 40:60. Apabila cukanya 4 sendok, maka airnya cukup 6 sendok saja. perbandingan tersebut perlu diperhatikan agar tidak merusak tekstur beludru.

Semprotkan ramuan cuka yang sudah jadi, kemudian diamkan beberapa saat. Jika sudah, sikat dengan sikat beludru. Untuk mengeringkannya, Anda membutuhkan alat pengering rambut. Larutan cuka ini pun bisa dipakai pada cara membersihkan sofa kain oscar.

4. Baking Soda

Siapa sangka bahwa cara membersihkan sofa dengan baking soda sangat efektif untuk membersihkan kotoran dan noda yang susah hilang. Selain itu, baking soda juga mampu menyerap bau tidak sedap pada sofa sehingga baunya menjadi lebih enak.

Baking soda tersebut perlu dicampurkan dengan air hangat terlebih dahulu sebelum diaplikasikan pada sofa beludru. Ambil ramuan baking soda dengan sikat lembut dan gosokkan secara melingkar.

Setelah mengering, bersihkan sisa pasta baking soda dengan cara menyedotnya. Lakukan cara mencuci sofa bahan beludru ini secara pelan-pelan agar tidak merusak tekstur sofanya.

Kapan Waktu Terbaik Membersihkan Sofa Beludru?

Banyak yang menanyakan kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk membersihkan sofa beludru ini. Umumnya, sering atau tidaknya membersihkan sofa  yaitu bergantung pada tingkat pemakaian.

Apabila sering dipakai untuk acara-acara penting di rumah, maka membersihkannya harus secara rutin yaitu 3 kali sehari. Namun jika digunakan hanya untuk keperluan keluarga, cukup membersihkannya 2 minggu sekali saja.

Bagi Anda yang tidak ingin repot dalam membersihkan sofa beludru tersebut, silahkan hubungi saja jogjaclean.com. Jasa tersebut sudah dipercaya sejak lama untuk membersihkan sofa agar terlihat kinclong, wangi, dan lebih awet.

Penutup

Tak dapat dipungkiri bahwa cara mencuci sofa bahan beludru tersebut memang mudah untuk dipraktekan. Jagalah kebersihan sofa tersebut agar tidak terlalu sering membersihkannya. Pastikan pula debu dan kotoran tidak menempel terlalu lama agar mudah dibersihkan.

Admin JogjaClean